Rabu, 27 Maret 2013

Laporan Praktikum Teknik Informatika

Laporan Paktikum Teknik Informatika, berikut ini saya akan berbagi tentang pembuatan laporan praktikum teknik informatika.
Berikut ini adalah bagan beserta contoh pembuatan laporan praktikum teknik informatika yang saya buat untuk menyelesaikan tugas praktikum saya di Fakultas Teknik Informatika Universitas Muhammadiya Ponorogo.

Berikut ini adalah contoh format laporan Praktikum Teknik Informatika


Format Laporan Praktikum

SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN

I. Sampul

Judul dan Identitas

II. Isi Laporan
1.       Tujuan

Tuliskan tujuan praktikum sesuai dengan percobaan yang dilakukan

2.       Dasar Teori

Dasar Teori menguraikan teori, temuan, dan bahan referensi lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan suatu praktikum. Dasar Teori dibawa untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam praktikum yang mengacu pada Daftar Pustaka. Sumber pustaka yang digunakan diusahakan pustaka terbaru, relevan dan asli dari buku, artikel, atau jurnal ilmiah.

3.       Alat

Tuliskan semua alat yang digunakan, jika ada tuliskan spesifikasinya (merek dan ukuran)

4.        Bahan

Tuliskan semua bahan yang digunakan untuk praktikum beserta spesifikasinya,

5.       Prosedur Kerja/Cara Kerja

Buat dalam bentuk diagram alir (flowchart) sedemikian hingga prosedur kerja tidak berupa kalimat. Jika menggunakan kata kerja, gunakan bentuk kata kerja pasif. Flowchart dibuat dengan bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah atau prosedur dalam percobaan yang dibuat secara sederhana, terurai, rapi dan jelas dengan menggunakan simbol-simbol standar.

6.       Data Pengamatan

Tuliskan semua data setiap langkah yang dilakukan sesuai dengan hasil percobaan. Data pengamatan dapat dibuat dalam bentuk tabel atau kalimat yang sederhana. Data pengamatan dituliskan sesuai dengan urutan prosedur kerja yang telah dilakukan yang merupakan jawaban sementara dari tujuan percobaan. Penulisan data pengamatan yang baik akan memudahkan dalam penyusunan analisis data, pembahasan dan kesimpulan.

7.       Pembahasan

Menguraikan semua langkah yang telah dilakukan (bukan berisi cara kerja), hasil dan data yang telah dicapai, dan kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan. Pembahasan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Kalimat ditulis mengikuti kaidah penulisan kalimat yang baik, yang terdiri dari subyek, predikat, obyek, dan keterangan. Pembahasan minimal menguraikan jawaban pada pertanyaan pada buku panduan. Gunakan berbagai sumber referensi sebagai pembanding.

8.       Kesimpulan

Kesimpulan berisi jawaban sesuai dengan tujuan percobaan yang ditulis dalam kalimat yang sederhana.

9.       Daftar Pustaka

Tuliskan semua referensi yang digunakan sesuai dengan ketentuan penulisan pustaka

III. Lampiran

Lampirkan dokumen tambahan yang sekiranya diperlukan sebagai refrensi dalam mekukukan praktikum yang telah dilakukan.


Setelah mengetahui format penulisan laporan praktikum tersebut kita bisa mengambil contoh laporannya yang bisa  didownload : disini

NB : Maaf jika masih banyak terjadi kelahan dalam penulisan dan masih jauh dari kata sempurna, karena saya juga manusia yang tak luput dari salah dan lupa. Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan yang maha ESA.