Selasa, 09 April 2013

Install Drupal Di Localhost

Sebelum installasi saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Drupal ?
Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten (CMS) yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.  begitulah kurang lebih dari sumber yang saya baca.

Kali ini saya akan berbagi bagaimana cara isntallasi drupal di Localhost menggunakan Xampp.

Instal terlebih dahulu Xampp dan pastikan control panel anda telah aktif. Setelah itu mari kita lanjutkan untuk installasi Drupalnya.


Install Drupal Di Localhost


1. Download Drupal di situs resminya dihalaman ini http://drupal.org/project/drupal
silahkan pilih salah satunya. 
2. setelah download lalu extrak di C:\xampp\htdocs lalu ubah namanya foldernya. Contoh saya beri nama folder untuk installasi drupal dengan nama Drupal.
3. ketik pada browser anda dengan http://localhost/drupal/install.php lalu lanjutkan dengan klik "save anda continue".
4. pada tahap "Choose language" terserah anda mau pilih "language/bahasa" apa saja. atau anda bisa tetap untuk melanjutkan dengan built in language english dan klik save and continue

Install Drupal Di Localhost

5. sebelum lanjut pada tahap Database configuration buat dahulu database mysql dengan klik link ini  http://localhost/phpmyadmin/
 6. di tahap mysql localhost  buat database mysql dengan mengisikan pada kotak "Create new database" dengan nama terserah anda. disini saya memberi nama "drupal lalu klik "Create".
7. masuk lagi pada database configuration lalu isikan database name, database username, dan database password. untuk database name isikan dengan yang anda buat tadi sedangkan database username isikan dengan nama root. lalu untuk passwordnya biarakan kosong. karena saya menggunakan nama database name dengan drupal7 maka hasilnya demikian. lalu lanjutkan dengan klik save and continue. 

8. pada tahap proses installing tunggu beberapa detik hingga proses install cms drupal anda selesai.

Install Drupal Di Localhost



9. di tahap ini Configure site isi semua ketentuan untuk website anda. mulai dari Site Name, site Email dan seterusnya. lalu klik save anda continue.
10. Install drupal pada locallhost selesai. silahkan klik Visit your new site.

Install Drupal Di Localhost

Cukup mudah kan untuk installasi Drupal :)