Minggu, 09 Juni 2013

Setting Router Mikrotik

Setting Router Mikrotik, Berikut ini saya akan berbagi ilmu tentang setting Router Mikrotik via Winbox. Langsung saja, Persiapkan alat-alat yang kita butuhkan, diantaranya :
  • PC
  • WinBox
Bagi kawan-kawan semua yang mungkin belum punya winbox bisa download winbox terlebih dahulu sekalian juga download mikrotik OS nya. Untuk winboxnya bisa di download disini atau disini

Setelah itu insatall winbox bagi yang belum terinstal, selanjudnya jalankan langkah-langkah dibawah ini :

1. Jalankan winbox, perhatikan gambar dibawah ini. Untuk RouterOS Mikrotik biasanya menggunakan ip=192.168.88.1 namun jika mikrotik yang digunakan adalah PC-Computer, ip bisa tergantung dengan ip yang di setting. setelah muncul  MAC Address, Klik MAC Address tersebut. Untuk pasword kosongkan saja lalu klik connect.
2. Setelah langkah diatas maka akan tampil winbox mikrotik, klik remove configurations untuk setting mikrotik sesuai keinginan. langkah selanjutnya adalah arahkan pada menu intercafe yang artinya LANcard atau card yang tersedia dan sudah terisntal pada mikrotik. interface1 digunakan untuk modem dan  intercafe2 digunakan untuk Lan.
3. langkah berikutnya adalah melanjutkan setting mikrotik via winbox. klik ip address, contoh 192.168.0.1/24 untuk LAN 192.168.1.2/24 untuk Modem. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
4. Jika sudah selesai memberi ip addreess maka tugas kita selanjutnya adalah memberi ip route yang artinya ip route berfungsi sebagai IP Gatway Sumber internet, jika menggunakan speddy ip routenya 192.168.1.1.
5. Dst.Address berfungsi sebagai pembatas ip yang nantinya terhubung dengan jaringan tersebut atau biarkan saja agar semua ip bisa terhubung dengan RouterOS Mikrotik.
6. Kemudian lanjut, klik ip firewall.

7. Maka akan tampil pada winbox Nat Firewall Chain=srcnat Out.interface=Modem/lan yang mengarah ke modem.
8. Kenudian yang harus kita lakukan adalah mejuju menu dan klik Action, pada menu Action pilih masquerade dan klik OK.

Untuk testing apakah setting mikrotik yang sudah kita kerjakan tadi berhasil bisa kita lakukan dengan winbox dengan cara ping 192.168.0.1 (ip router gatway mikrotik) dan ping 192.168.1.1 (ip gatway) jika reply from 192.168.1.1 maka, setting router mikrotik kita telah berhasil. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengumpulkan nilai dan mengucap Alhamdulillah bagi saudara kita yang muslim atau menurut kepercayaan masing-masing :D.